Strategi Wonderful Indonesia Era Joko Widodo Periode 2014-2019 Melalui Pendekatan Competitive Identity
Abstract
Sektor pariwisata telah menjadi industri yang diperdagangkan secara internasional dan menjadi salah satu kategori utama perekonomian. Banyak negara- negara global telah menjadikan sektor pariwisata sebagai penghasil devisa. Salah satunya Indonesia memanfaatkan sektor pariwisata melalui Wonderful Indonesia dengan menggunakan pendekatan identitas kompetitif dalam memperkuat identitas nasional di kancah global. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemanfaatan strategi Wonderful Indonesia di sektor pariwisata era Joko Widodo periode 2014-2019 melalui identitas kompetitif. Apakah telah sesuai dengan siklus pada identitas kompetitif oleh Simon Anholt. Untuk menjawab itu, dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjeknya terfokus melakukan pencarian data pada instansi terkait seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri dan sumber lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Wonderful Indonesia di sektor pariwisata telah sesuai dengan siklus identitas kompetitif menurut Simon Anholt.
Kata Kunci: Sektor Pariwisata, Wonderful Indonesia, Identitas Nasional, Identitas Kompetitif
Collections
- International Relations [502]