Show simple item record

dc.contributor.advisorPrima Juanita Romadhona, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorSHIDIQ SATRIA RAHARJO
dc.date.accessioned2021-07-28T06:14:03Z
dc.date.available2021-07-28T06:14:03Z
dc.date.issued2021-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30990
dc.description.abstractPada simpang tiga tak bersinyal Jln. Dr.Wahidin - Jln. Argolubang ini tata guna lahan bersebelahan dengan perlintasan kereta, simpang tiga tak bersinyal ini berpotensi terjadinya konflik lalu lintas yang pada akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan. Salah satu faktor yang banyak menyebabkan kecelakaan adalah kecepatan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecepatan terhadap keselamatan pengendara kendaraan di simpang tak bersinyal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan Traffic Conflict Technique (TCT). Survei data primer dilakukan 1 hari untuk mengambil data kecepatan kendaraan, jarak konflik dan geometri ruas. Kemudian dilakukan analisis dengan dengan cara TCT menggunakan Microsoft Excel yang menghasilkan output berupa nilai time to accident, jarak konflik, dan kecepatan rata-rata pengendara. Dari hasil yang didapat potensi kecelakaan serious conflict terjadi sebesar 40,3% dengan kecepatan rata-rata 25,5 km/jam. Untuk jarak tempuh konflik yang terpendek 4 meter sebesar 5,5% dan perilaku pengendara saat bertemu dengan konflik lebih banyak memperlambat kendaraannya sebesar 64%. Alternatif yang dapat mengurangi terjadinya kecelakaan yaitu memberikan rumble trip dan juga pemberian lampu lalu lintas dengan satu warna yang menandakan pengendara untuk berhati-hati.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkeselamatanen_US
dc.subjectkonfliken_US
dc.subjectkecepatanen_US
dc.subjectsimpang tak bersinyalen_US
dc.titlePeta Potensi Kecelakaan Di Simpang Tiga Dr. Wahidin - Jl. Argolubangen_US
dc.Identifier.NIM15511196


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record