Show simple item record

dc.contributor.advisorPrima Juanita Romadhona, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorAlya Salmasari
dc.date.accessioned2021-07-27T03:50:23Z
dc.date.available2021-07-27T03:50:23Z
dc.date.issued2020-04-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30870
dc.description.abstractTrans Jogja merupakan salah satu moda transportasi umum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk memecah kemacetan kota yang diakibatkan oleh jumlah kendaraan yang semakin tinggi. Oleh karena itu, halte sebagai tempat pemberhentian kendaraan untuk menurunkan dan menaikan pengguna jasa Trans Jogja seharusnya memberikan pelayanan yang maksimal. Diharapkan dengan fasilitas halte yang sesuai standar pengguna akan merasa puas terhadap pelayanan halte. Penelitian ini memiliki fokus pada evaluasi kinerja halte Trans Jogja dengan analisis kondisi eksisting di lapangan dibandingkan dengan SPM dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini bertujuan memberikan evaluasi mengenai kinerja pelayanan halte Trans Jogja berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang didasari oleh Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No PM 10 Tahun 2012. Selain itu dilakukan penyebaran kuesioner kepada 106 responden. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kesesuaian tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang kemudian dilakukan plotting untuk usulan perbaikan. Dari hasil dari penelitian ini didapat bahwa sebagian besar fasilitas halte Trans Jogja belum memenuhi standar seperti ruang khusus untuk kursi roda, informasi waktu kedatangan bus, informasi gangguan perjalanan bus, informasi gangguan keamanan, ketersediaan integrasi jaringan trayek pengumpan, ketersediaan rambu dan marka. Tingkat kesesuaian antara tingkat harapan dengan tingkat kinerja adalah sebesar 70,57%, secara umum pengguna halte belum merasa puas dengan kualitas pelayanan halte. Dari hasil perhitungan IPA yang terbagi dalam 4 kuadran dapat diusulkan suatu perbaikan. Prioritas utama untuk perbaikan yaitu pada kuadran I yaitu atribut informasi gangguan keamanan, fasilitas ventilasi udara/pengatur suhu, fasilitas kebersihan, informasi waktu kedatangan bus.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHalte Trans Jogjaen_US
dc.subjectIPAen_US
dc.subjectSPMen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Halte Trans Jogja (Performance Evaluation Of Trans Jogja’s Bus Shelters)en_US
dc.Identifier.NIM16511020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record