Show simple item record

dc.contributor.advisorArif Budi Wicaksono
dc.contributor.author14525090 Mauladi Raushan Hidayat
dc.date.accessioned2021-07-27T03:28:24Z
dc.date.available2021-07-27T03:28:24Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30862
dc.description.abstractBus merupakan alat transportasi untuk mengangkut penumpang dari suatu titik ke titik yang lain. Dengan kehadiran tol transjawa ini, keberadaan bus semakin banyak diminati. Namun ini menjadi permasalahan baru terhadap bus yang beredar di Indonesia. Saat di tol, bus melaju dengan kecepatan tinggi. Sedangkan bus di Indonesia, khususnya Hino RK8 menggunakan spesifikasi gearbox untuk medan berliku. Menjadikannya harus selalu menggunakan putaran mesin tinggi. Efeknya mesin menjadi boros dan sering terjadi overheating. Dapatkah bus melaju kencang di tol namun dengan putaran mesin yang rendah? Transmisi ini dapat membuat bus melaju 100 km/jam dengan putaran 2500 rpm, dibandingkan dengan transmisi bawaan Hino RK8 yang pada putaran mesin yang sama hanya mampu mencapai 70 km/jam. Dalam tugas akhir ini juga dibuat alat peraga untuk memperagakan gerak CVT, namun tidak dapat bekerja karena salah penempatan titik pembebanan. Kata kunci: Bus, Tol Transjawa, Mesin, Transmisi, CVTen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBusen_US
dc.subjectTol Transjawaen_US
dc.subjectMesinen_US
dc.subjectTransmisien_US
dc.subjectCVTen_US
dc.titlePerancangan dan Modelling Alat Peraga Transmisi CVT Heavy Dutyen_US
dc.Identifier.NIM14525090


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record