Sistem Informasi Manajemen Layanan Antrian Pasien di Rumah Sakit UAD
Abstract
Rumah sakit merupakan fasilitas untuk menyelenggarakan upaya kesehatan. Upaya kesehatan merupakan tiap aktivitas ataupun usaha yang bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kesehatan demi mewujudkan kehidupan yang sehat untuk masyarakat. Rumah Sakit UAD adalah rumah sakit yang didirikan tepat pada 12 Februari 2017, yang beralamat di Jalan Cindelaras Raya Karangsari, Sleman, Yogyakarta. Alur pendaftaran di Rumah Sakit UAD saat ini, ketika calon pasien tiba di rumah sakit kemudian ingin mendaftar untuk berobat, calon pasien harus datang langsung ke petugas pendaftaran di rumah sakit untuk melakukan pendaftaran, kemudian mendapatkan nomor antrian dan menunggu nomor antriannya dipanggil di ruang tunggu.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat 2 platform yaitu Sistem Informasi Manajemen Antrian Pasien Berbasis Web dan Aplikasi Pendaftaran dan Antrian Pasien Berbasis Android. Sistem ini akan membantu admin pendaftaran untuk mengelola antrian dan membantu calon pasien untuk melakukan pendaftaran online dari rumah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Metode waterfall memiliki tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, serta pengujian sistem.
Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Usability Testing yang diukur dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Pengujian ini berfungsi untuk mengukur kualitas dari sistem yang telah diimplementasikan. Nilai SUS yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan pada SistemInformasiManajemen Antrian Pasien Berbasis Web dan Aplikasi Pendaftaran dan Antrian Pasien Berbasis Android yang telah dibangun yaitu 66.
Kata kunci: rumah sakit, rumah sakit UAD, antrian, waterfall, System Usability Scale
Collections
- Informatics Engineering [2174]