Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.author16913038 Ahmad Wardani
dc.date.accessioned2021-07-15T11:42:00Z
dc.date.available2021-07-15T11:42:00Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30614
dc.description.abstractPembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu disusun strategi pembelajaran. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik yang digunakan dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (narapidana) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami, dan digunakan dengan baik, sehingga akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangkat dari latar belakang inilah kemudian penulis ingin membahasnya dalam tesis dengan judul strategi pembelajaran al-Qur’an untuk penyadaran diri bagi narapidana di rumah tahanan negara Wates Kulon Progo. Permasalahannya adalah apakah rumah tahanan tersebut telah menerapkan strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus penelitian adalah tentang strategi pembelajaran al-Qur’an bagi nara pidana untuk menyadarkan diri di Rumah Tahanan Negara Wates Kulon Progo dan hasil strategi pembelajaran al-Qur’an bagi narapidana tersebut. Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk analisanya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahanan Negara Wates dapat berjalan dengan baik dan diharapkan menjadi tambahan pengetahuan dan masukan bagi lembaga lain yang berorientasi terhadap pembelajaran al-Qur’an. Kata kunci: Strategi, pembelajaran al-Qur’anen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectpembelajaran al-Qur’anen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Al-Qur’an untuk Penyadaran Diri Bagi Narapidana di Rumah Tahanan Negara Wates Kulon Progoen_US
dc.Identifier.NIM16913038


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record