Show simple item record

dc.contributor.advisoralang Prihadi Mahardhika, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.authorADITYA RANGGA TIHANS
dc.date.accessioned2021-07-15T06:06:59Z
dc.date.available2021-07-15T06:06:59Z
dc.date.issued2021-02-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30577
dc.description.abstractKurangnya perhatian pada pendidikan agama Islam tingkat sekolah dasar kerap dianggap remeh bagi sebagian orang. Metode pembelajaran agama Islam dapat dikatakan masih kurang karena, metode penyampainnya masih berfokus menggunakan ceramah yang terkesan kurang menarik bagi anak (Retnadi dkk, 2015), munculnya pandemi COVID-19 juga ikut menambah kurangnya efektifitas dari pembelajaran. Dengan adanya hasil tersebut maka dibuatlah solusi yang dapat membantu sebagai perantara edukasi yaitu gim. Dalam pembuatan gim juga perlu diperhatikan kebutuhan dari sisi user, maka dari itu digunakanlah pemikiran desain sebagai solusi. Dalam pemikiran desain berisikan aspek empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dari hasil pengamatan (empathize) didapatkan hasil (define) bahwa dibutuhkannya metode belajar yang menarik dan dapat membuat siswa tidak cepat merasa jenuh, maka gim dibuat dengan metode pembelajaran secara storytelling (ideate). Gim edukasi yang dibuat berisikan 4 materi utama yaitu kasih sayang, iman kepada Allah SWT, sholat, serta perilaku terpuji. Selain itu gim dibuat agar dapat berjalan pada handphone khususnya pada sistem operasi Android. Dengan adanya gim edukasi sebagai alat bantu ajar terbukti dapat membantu kegiatan edukasi, hal ini dibuktikan dengan hasil usability test yang dilakukan kepada responden di SDN Ngoto dengan hasil 9 dari 14 responden menjawab setuju bahwa gim yang dibuat sudah sesuai dengan materi yang diajarkan dan dapat membantu kegiatan belajar. Meski gim edukasi yang dibuat masih jauh dari sempurna, tetapi ide pembuatan gim sebagai sarana belajar merupakan hal yang tepat dan perlu dikembangkan kembali guna membantu proses belajar kedepannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGim Edukasi,en_US
dc.subjectPemikiran Desain,en_US
dc.subjectPendidikan Agma Islamen_US
dc.subjectEdukasi.en_US
dc.titleGim Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Ajar Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Tahun Pertama Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Pemikiran Desainen_US
dc.Identifier.NIM15523089


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record