Analisis Strategi Pengembangan terhadap Peningkatan Penjualan Menggunakan Pedekatan Blue Ocean Strategy pada UKM Kobessah Kopi
Abstract
Objek dari penelitian yang akan dilakukan adalah produk olahan kopi yang di produksi
oleh UKM Kobessah Kopi yang beralamat di Jl.Anggajaya II, Condongcatur, Depok,
Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan metode Blue ocean untuk menentukan
alternatif strategi bisnis terbaik yang dapat dilakukan untuk memenangkan pasar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan kuesioner.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan,
yaitu Untuk kekuatan yang dimiliki oleh Kobessah Kopi berdasarkan penelitian yang
dilakukan terdapat pada variabel kualitas prooduk, kualitas pelayanan, harga sesuai
kualitas dan garansi produk. Sedangkan untuk kelemahan dari Kobessah Kopi
berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat pada variabel harga terjangkau, variabel
warna kemasan, variabel kemudahan informasi, variabel produk memiliki ciri khas,
variabel merek, dan variabel promosi produk. Untuk rancangan strategi baru berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan menggunakan Blue Ocean Strategy yaitu: Fokus Pada
bagian ini peningkatan variabel akan meningkatkan target pasar baru yang akan dituju
dengan target kalangan mengah kebawah, pengurangan harga, peningkatan atribut, serta
faktor baru untuk membuka peluang pangsa pasar baru. Untuk fokus Kobessah Kopi lebih
kearah varibel promosi dan branding. Gerakan Menjauh, untuk gerakan menjauh dengan
membuat kartu member bagi pelanggan sehingga dapat menentukan pelanggan mana saja
yang sering membeli untuk diberikan diskon atau bonus, membuat inovasi produk dan
penjualan lewat toko online untuk mempermudah pembelian konsumen.
Kata kunci: Blue ocean, alternatif strategi bisnis
Collections
- Industrial Engineering [2224]