Peran Kepribadian Big Five Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Mahasiswa
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan fenomena serius dialami mahasiswa karena
berdampak pada prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousness,
neuroticism dan openness to experience terhadap prokrastinasi pada mahasiswa.
Responden adalah mahasiswa aktif (N=360) dan 84.4% adalah perempuan. Alat
ukur yang digunakan yaitu Tuckman Procrastination Scale dan Big Five Inventory
yang telah diadaptasi oleh Ramdhani (2012). Hasil analisis menunjukkan bahwa
kelima dimensi kepribadian mampu menjelaskan 41.4% varian prokrastinasi
mahasiswa dengan conscientiousness meningkatkan peluang prokrastinasi
akademik sementara openness to experience dan neuroticism berpengaruh secara
secara negatif terhadap proktastinasi akademik pada mahasiswa. Prediktor
prokrastinasi akademik pada mahasiswa perempuan berbeda dengan mahasiswa
laki-laki. Pada mahasiswa perempuan, kepribadian conscientiousness
meningkatkan peluang prokrastinasi akademik sementara neuroticism berpengaruh
secara secara negatif terhadap proktastinasi akademik. Sedangkan, pada mahasiswa
laki-laki yang meningkatkan peluang prokrastinasi akademik adalah kepribadian
conscientiousness dan ekstraversi sementara agreeableness dan neuroticism
berpengaruh secara secara negatif terhadap proktastinasi akademik.
Collections
- Psychology [2173]