Show simple item record

dc.contributor.advisorDian Medisa
dc.contributor.author14613274 Atikah Nur Inayah
dc.date.accessioned2021-07-13T03:33:14Z
dc.date.available2021-07-13T03:33:14Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30398
dc.description.abstractPelayanan kefarmasian Puskesmas merupakan salah satu kegiatan yang berperan penting untuk menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Kepuasan pasien dapat dilihat dari berbagai indikator salah satunya adalah menilai tingkat kepuasan pasien, sehingga mempengaruhi kelangsungan dan efektivitas dari pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien dan mengetahui hubungan antara sosiodemografi pada tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Depok I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data berupa data kuantitatif yaitu kuisioner yang memiliki lima dimensi servqual (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty). Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji Spearman Rank Correlation. Hasil gambaran tingkat kepuasan pasien dari seluruh dimensi servqual menunjukkan hasil puas sebesar 54.2%. Tingkat kepuasan dari masing-masing dimensi antara lain, pada dimensi dimensi keandalan (reliability) mendapatkan persentase kepuasan tertinggi yaitu sebesar 82(68.3%), dimensi kepastian (Assurance) memiliki tingkat kepuasan sebesar 66(55.0%), dimensi berwujud (Tangible) memiliki tingkat kepuasan 75(62.5%), dimensi daya tanggap (Responsivness) memiliki tingkat kepuasan sebesar 76(63.3%) dan dimensi empati (Empaty) memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 62(51.7%). Sedangkan hasil uji statistic dari semua karakteristik sosiodemografi terdapat ada hubungan pendidikan dengan tingkat kepuasan di Puskesmas Depok I. Kata kunci: Puskemas, Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasianen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPuskemasen_US
dc.subjectKepuasan pasienen_US
dc.subjectPelayanan Kefarmasianen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Depok Ien_US
dc.Identifier.NIM14613274


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record