Evaluasi Kualitas Pelayanan Transportasi Kereta Api Eksekutif Ranggajati dengan Metode Importance Performance Analysis
Abstract
ini ditujukan untuk mengetahui evaluasi kinerja dari Kereta Api Ranggajati dengan mengukur tingkat kesesuaian antara kepentingan dan tingkat kinerja. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden yang merupakan Sebagian dari penumpang Kereta Api Ranggajati. Penelitian dilakukan di Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta dan subjek yang diteliti adalah penumpang Kereta Api Ranggajati. Dalam mengukur tingkat kesesuaian antara kepentingan dan tingkat kinerja dalam penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis. Hasil analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis diketahui kebanyakan responden menilai kinerja Kereta Api Ranggajati yang ditinjau dari aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible sudah sangat memuaskan (Mean 3,40). Hasil analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis diketahui kebanyakan responden menilai kepentingan yang ditinjau dari aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible sudah sangat memuaskan (Mean 3,53). Hasil tingkat kesesuaian yang di peroleh antara kinerja dan tingkat kepentingan penumpang Kereta Api Ranggajati dinilai dari aspek reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible tidak sesuai (Tingkat Kesesuaian 96,3%). Hasil analisis menunjukkan pada aspek empathy, responsiveness dan assurance terdapat pada kuadran A dan B menunjukkan kinerja yang di hasilkan oleh Kereta Api Ranggajati masih rendah menurut responden. Kereta Api Ranggajati perlu meningkatkan kinerja dari aspek empathy, responsiveness dan assurance.
Collections
- Management [4527]