Sistem Informasi Antrian Pasien Klinik Umum (Studi Kasus Klinik Sutomo)
Abstract
Klinik merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga
kesehatan. Pelayanan kesehatan yang baik terjadi ketika infrastruktur dan pelayanan dapat
membuat pasien merasa nyaman. Klinik Sutomo merupakan salah satu klinik pratama dan
fasilitas kesehatan tingkat 1 yang berada di Cirebon, Jawa Barat. Klinik Sutomo memiliki tiga
praktik, yang terdiri dari praktik klinik umum, praktek klinik gigi dan praktik laboratorium,
untuk mendapatkan pelayanan dari klinik. Pasien diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu
kemudian pasien akan mendapatkan nomor antrian lalu petugas akan memanggil pasien
berdasarkan nomor urut antrian yang sudah diberikan saat pendaftaran.
Penelitian yang akan dilakukan bertujuan membuat sistem antrian pasien di klinik sutomo.
Sistem antrian ini akan memudahkan petugas kesehatan dalam memanggil pasien,
pemanggilan nomor antrian menggunakan sistem dapat mengurangi kesalahan pemanggilan
nomor antrian. Selain itu, hasil laporan tiap bulan yang ada akan direkap berdasarkan dari
pendaftaran pasien yang tercatat dalam sistem antrian tiap harinya.
Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode waterfall dengan tahapan
penelitian seperti, pengumpulan data, perancangan, pengimplementasian. Sistem ini terdiri dari
beberapa fitur utama yaitu: data antrian, data user, laporan kunjungan. Pengujian pada sistem
ini dilakukan dengan menggunakan metode pengujian alfa dan beta. Pada pengujian alfa
dilakukan dengan pengujian normal dan tidak normal oleh pengembang dan pengujian beta
dilakukan dengan pengujian usability oleh pengguna.
Collections
- Informatics Engineering [2177]