Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal UPN Yogyakarta
Abstract
Arus Lalu Lintas kendaraan pada simpang seturan UPN sangat tinggi dipengaruhi oleh
aktivitas dari mahasiswa, karena dekat dengan pusat pendidikan yaitu Universitas Pembangunan
.Nasional Veteran Yogyakarta (UPN) dan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Selain dekat dengan pusat pendidikan, simpang seturan UPN juga merupakan jalur utama lalu lintas
dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman untuk sampai ke Bandara Adi Sucipto. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas eksisting dan alternatif solusi penanganan pada
simpang.
Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan dari PUSTRAL UGM tahun
2018. Analisis pada simpang dilakukan sesuai dengan syarat teknis simpang bersinyal menurut
MKJI 1997 dan dilakukan pemodelan dengan software VISSIM. Pemodelan dengan menggunakan
software VISSIM pada kondisi eksisting dan 4 alternatif penanganan untuk membandingkan tingkat
pelayanan pada simpang seturan UPN.
Hasil dari penelitian ini didapatkan kinerja lalu lintas pada simpang terbaik yaitu pada
alternatif 4 dengan penerapan sistem jalan satu arah. Sistem jalan satu arah pada lengan utara
memberi dampak yang signifikan terhadap kondisi lengan lainnya pada simpang. Lengan timur
memiliki tingkat pelayanan C dengan nilai tundaan 17,510 detik/kendaran. Lengan selatan memiliki
tingkat pelayanan B dengan nilai tundaan 13,188 detik/kendaran. Lengan barat memiliki tingkat
pelayanan D dengan nilai tundaan 26,939 detik/kendaran . Kinerja simpang alternatif 4 naik sebesar
62% dibandingkan kondisi simpang eksisting.
Collections
- Civil Engineering [4205]