Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Restoran Halal Rindu Kampung Di Sasang Busan Korea Selatan
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas masyarakat muslim dan menjadi
awal munculnya wisata halal. Kepopuleran wisata halal ini terlihat dari meningkatnya
jumlah wisatawan muslim menyebabkan tingginya potensi pasar wisata halal. Dengan
potensi tersebut Indonesia merupakan sumber dari wisata halal. Kuliner Indonesia memiliki
potensi sangat meningkat dilihat dari rempahnya dan karena Indonesia memiliki
masyarakat mayoritas muslim sangat penting untuk pasar wisata halal. Di antara semua
negara, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak berkunjung ke
Korea Selatan dan merupakan salah satu target dalam wisata halal ini karena ada beberapa
faktor yang mendukung. Yang pertama mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.
Yang kedua, karena mayoritas penduduk Korea adalah non-muslim sehingga menjadikan
wisata halal sebagai tren baru. Restoran Rindu Kampung Sasang Busan merupakan salah
satu restoran Indonesia yang merupakan perwakilan Indonesia dan sebagai potensi wisata
halal Korea Selatan. Pemilik restoran melalui restoran Rindu Kampung melakukan
beberapa upaya dan program untuk mengenalkan kuliner halal Indonesia maka
dirumuskanlah beberapa rumusan masalah untuk menjawab persoalan tersebut, yaitu apa
strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh restoran halal Rindu
Kampung yang ada di kota Busan dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat
dalam berbisnis restoran halal Rindu Kampung di kota Busan.
Penelitian ini adalah skripsi sarjana yang akan membahas tentang komunikasi
pemasaran terpadu yang telah dilaksanakan oleh restoran Rindu Kampung Sasang Busan
Korea Selatan untuk mempromosikan kuliner Indonesia di Korea Selatan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dapat menjelaskan dan mendeskripsikan
secara lengkap.. Penilitian ini juga menggunakan komunikasi pemasaran dan teknik analisis
SWOT sebagai kerangka teori.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa restoran Rindu Kampung Sasang Busan
telah melakukan beberapa bauran promosi untuk memperkenalkan restoran Indonesia di
Korea Selatan seperti: berpartisipasi dalam pameran dan acara festival makanan,
memanfaatkan media internet sebagai pemasaran interaktif.
Collections
- Communication [943]