Jaringan Bisnis dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Industri Batik
Abstract
Hubungan antara jaringan bisnis dan kinerja perusahaan berdasarkan literatur jaringan semakin mendapat perhatian seiring dengan perubahan teknologi yang cepat dan perubahan lingkungan. Secara umum, pemasaran yang berfokus pada transaksi tidak cukup untuk menciptakan dan memelihara keunggulan strategis, hubungan antara UKM dan mitra bisnisnya dianggap sangat penting dalam menciptakan sumber daya dan kelangsungan hidup perusahaan. Di tengah perkembangan teknologi, lingkungan eksternal yang kompleks dan tidak stabil, untuk mempertahankan keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan diharapkan memiliki kemampuan dinamis.
Sampel dalam penelitian ini adalah UKM batik di provinsi Jawa Tengah dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan respondennya adalah pemilik UKM batik atau penanggung jawab pemasaran UKM batik dengan jumlah sampel 280 UKM. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan software WarpPLS versi 6.0.
Hasil dari 12 hipotesis yang diajukan 9 hipotesis terbukti dan 3 hipotesis tidak terbukti, Jaingan bisnis berpengaruh terhadap kepercayaan, transaksi spesifik investasi, tindakan bersama, kemempuan dinamis dan fleksibilitas. Transaksi spesifik investasi berpengaruh terhadap tindakan bersama, tindakan bersama berpengaruh terhadap kinerja dan kemempuan dinamis berpengaruh terhadap kinerja. Dari pengaruh hubungan antar konstruk jalur yang paling berpengaruh terhadap kinerja UKM adalah kemampuan dinamis dengan nilai koefisien 0,393 diikuti tindakan bersama dengan nilai koefisien 0,165 .
Collections
- Doctor of Economics [59]