Sistem Manajemen Inventory dan Valuasi Pekerjaan Studi Kasus pada PT. Triasindo Cipta Utama
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan sebuah sistem informasi sangat
dibutuhkan dalam dunia kerja. Manfaat sistem informasi adalah sebagai pendukung dalam
pengambilan keputusan manajerial dan pendukung operasional pekerjaan.
Seperti halnya pada PT. Triasindo Cipta Utama yang bergerak di bidang perdagangan
barang dan jasa instalasi kelistrikan mencakup instalasi rumah dan jaringan tegangan
menengah. Kebutuhan informasi akan pelaporan kondisi barang dan valuasi pekerjaan sangat
diperlukan. Pada saat ini PT. Triasindo Cipta Utama belum mampu memenuhi kebutuhan
informasi tersebut secara optimal, dimana proses pendataan dan pelaporan persediaan barang
masih dilakukan secara manual yang memerlukan waktu cukup lama dalam menyelesaikan
setiap pekerjaannya.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dikembangkan sistem manajemen inventory
dan valuasi pekerjaan yang dapat memudahkan pihak perusahan dalam melakukan pengelolaan
barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle
(SDLC).
Pengujian sistem dilakukan dengan melakukan User Acceptance Test dan wawancara
setelah percobaan penggunaan sistem pada pengguna dari karyawan PT. Triasindo Cipta
Utama. Pada User Acceptance Test dan wawancara didapat kesimpulan sistem yang dibangun
memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan barang.
Collections
- Informatics Engineering [2170]