Sistem Monitoring Penjualan & Kinerja Cabang Waralaba Berbasis Web Studi Kasus Teje Thai Tea
Abstract
Teje Thai Tea merupakan salah satu waralaba yang sedang mengembangkan bisnisnya.
Dalam perkembanganya Teje Thai Tea menemui beberapa permasalahan yaitu tidak adanya
pencatatan dari data transaksi penjualan dari cabang waralaba Teje Thai Tea. Ketidaktersediaan
data transaksi dari setiap cabang waralaba Teje Thai Tea juga menyebabkan kesulitan bagi
pemilik dalam memberikan kontrol dan pengawasan terhadap jalanya proses bisnis setiap
cabang Teje Thai Tea.
Berdasarkan pernyataan diatas, dibutuhkan sebuah sistem monitoring yang dapat
melakukan pencacatan data transaksi penjualan serta mengolah data transaksi penjualan
kedalam bentuk informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan perkembangan waralaba
Teje Thai Tea. Pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall. Tahapan dalam
membangun sistem ini dimulai dengan analisis kebutuhan, perancangan sistem, perancangan
basis data, perancangan antarmuka dan pengujian.
Pengukuran keberhasilan sistem pada penelitian kali ini diukur berdasarkan hasil
pengujian berupa user acceptance test dan wawancara terpimpin. Berdasarkan hasil dari
pengujian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibuat sudah dapat
membantu memenuhi kebutuhan manajemen dari waralaba Teje Thai Tea. Saran didapatkan
berdasarkan kesimpulan dari hasil pengujian wawancara terpimpin, didapatkan bahwa masih
diperlukanya penambahan fitur dan data lainya yang berkaitan dengan proses bisni waralaba
teje thai tea guna menambah kelengkapan dari informasi yang dapat diolah dan disajikan oleh
sistem, kemudian sistem diharapkan mampu mencetak hasil dari output yang dihasilkan oleh
sistem seperti nota transaksi dan data rekapitulasi transaksi pejualan.
Collections
- Informatics Engineering [2170]