Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, M.I.S.
dc.contributor.authorMuhammad Muslich Purwanto
dc.date.accessioned2021-07-01T05:55:06Z
dc.date.available2021-07-01T05:55:06Z
dc.date.issued2020-04-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29897
dc.description.abstractAkar permasalahan kurangnya interaksi antara anak dengan orang tua dan anak (siswa) dengan guru merupakan dua di antara banyaknya penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di madrasah. Itulah yang melatarbelakangi penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara (1) interaksi anak–orang tua dengan motivasi belajar siswa, (2) interaksi siswa–guru dengan motivasi belajar siswa, (3) interaksi anak–orang tua dan interaksi siswa– guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs Negeri 3 Kulon Progo yang berjumlah 217 siswa. Sampel penelitian sebanyak 50 siswa diambil dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Validitas instrumen diuji dengan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen angket dengan rumus Alpha-cronbach. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi sederhana, ganda, dan parsial dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas/ independensi. Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif yang signifikan antara interaksi anak–orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan sumbangan efektif 24,1% (2) terdapat korelasi positif yang signifikan antara interaksi siswa–guru dengan motivasi belajar siswa dengan sumbangan efektif 19,8%, dan (4) terdapat korelasi positif yang signifikan secara bersama-sama antara interaksi anak–orang tua dan siswa–guru dengan motivasi belajar siswa dengan sumbangan efektif 43,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas memberi pengaruh yang baik bagi peningkatan motivasi belajar siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInteraksi Anak–Orang Tuaen_US
dc.subjectInteraksi Siswa–Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.titleKorelasi Interaksi Anak – Orang Tua Dan Interaksi Siswa – Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di MTS Negeri 3 Kulon Progo Dalam Perspektif Pembinaan Profesionalisme Guruen_US
dc.Identifier.NIM18913074


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record