dc.description.abstract | Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk yang relatif padat,
sehingga angkutan umum menjadi salah satu kebutuhan penduduk untuk menunjang aktivitas seharihari.
Pada sisi lain, aspek sarana dan prasarana angkutan umum di Yogyakarta masih tergolong
minim. DisHub DIY menghadirkan transformasi baru yang lebih baik pada angkutan umum di
Yogyakarta, yaitu bus Trans Jogja. Pada tahun 2017 terdapat penambahan rute baru, di antaranya
jalur 6A dan 6B. Rute ini menghubungkan daerah bagian selatan Kota Yogyakarta menuju pusat
Kota Yogyakarta, yang sebelumnya pada daerah ini belum memiliki sistem seperti Trans Jogja.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, jalur tersebut terdapat beberapa masalah seperti waktu
tunggu yang lama dan mengalami sepi penumpang. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan
evaluasi kinerja operasional serta dilakukan evaluasi kinerja, dan tingkat kepuasan penumpang.
Metode yang dipakai merupakan evaluasi kinerja operasional untuk mengetahui hasil dari
faktor muat, waktu antara, waktu sirkulasi bus, dan kecepatan perjalanan yang mengacu pada SK
Ditjend 687/2002, evaluasi kinerja pelayanan dengan metode Importance Performance Analysis
(IPA), dan tingkat kepuasan penumpang dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI).
Hasil kinerja operasional dari segi load factor didapat sebesar 7,99% untuk Trayek 6A dan
sebesar 5,46% untuk Trayek 6B. Nilai headway sebesar 21,37 menit untuk Trayek 6A dan sebesar
20,48 menit untuk Trayek 6B. Waktu sirkulasi rata-rata sebesar 0,73 jam untuk Trayek 6A dan 6B.
Kecepatan perjalanan sebesar 22,42 km/jam untuk Trayek 6A dan sebesar 23,22 km/jam untuk
Trayek 6B. Hasil kinerja pelayanan bus Trans Jogja Trayek 6A dan 6B dengan metode IPA
menunjukkan beberapa kinerja yang sudah baik dan beberapa yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan
tingkat kepuasan penumpang dengan metode CSI pada Trayek 6A sebesar 82,298% dan pada Trayek
6B sebesar 79,273% yang berarti tingkat kepuasan dari penumpang pada Trayek 6A sudah sangat
puas dan untuk penumpang pada Trayek 6B sudah puas terhadap fasilitas dan pelayanan yang
diberikan. | en_US |