Efektivitas Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra’ di TPA Al-Furqon Dusun Rejosari, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Abstract
Berawal dari fenomena yang terjadi di TPA Al-Furqon dusun Rejosari Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. yang proses pembelajaran Al-Qur’an masih kurangnya upaya peningkatan membaca dan menulis Al-Qur’an baik itu dari segi murid, Guru maupun Metode yang digunakan. Dalam TPA Al-Furqon Pengajaran Al-Qur’an dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya adalah metode Iqra’. Metode Iqra’ merupakan metode pembelajaran al-Qur’an yang memiliki karakteristik yaitu mudah untuk diterapkan untuk tingkat pemula dalam mempelajari al-Qur’an khususnya di daerah Yogyakarta dan umumnya daerah indonesia. Sebagai santri TPA Al-Furqon dusun Rejosari Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta menunjukkan belum adanya peningkatan dalam membaca Al-Qur’an seperti makhraj huruf dan tajwid nya yang belum benar dan sesuai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai Efektivitas Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra’ di TPA Al-Furqon Dusun Rejosari Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,karena data penelitian ini berupa angka dan analisis. Adapun Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan koesioner. Tempat dan lokasi yang akan dilakukan peneliti adalah TPA Al-Fur’qon, Dusun Rejosari, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Anak-anak/Santri TPA Al-Fur’qon yang berjumlah 40 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t dengan taraf siggnifikan 5 %. Penelitian ini menggunakan bantuan computer program SPSS for wimdows 21.0 untuk menjawab masalah yang diajukan peneliti.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya Efektivitas Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra’ di TPA Al-Furqon Dusun Rejosari Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta., hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata pret-test sebesar 82,3 sedangkan hasil rat-rata post-test sebesar 88,2 sehingga diperoleh selisih peningkatan sebesar 5,87 dan hasil uji t menunjukan nilai thitung (6,859) > t tabel(df:39) (1,684).
Collections
- Islamic Education [862]