Pengembangan Gim Edukasi Karakter Dasar Aksara Jawa dengan Penyesuaian Permainan Berdasarkan Kesalahan Berbasis Android
Abstract
Aksara Jawa merupakan salah satu warisan budaya media baca tulis milik bangsa Indonesia yang sekarang sudah jarang sekali digunakan dan penggunaannya hanya sebatas simbol jalan atau Nama tempat di daerah Jawa. Walaupun begitu beberapa sekolah di Yogyakarta masih menempatkan Aksara Jawa sebagai salah satu kurikulum yang dikategorikan sebagai pelajaran mulok (muatan lokal). Banyak kendala yang ditemui dalam pembelajaran Aksara Jawa. Konsep yang hendak dikembangkan pada penelitian kali ini adalah penyesuaian latihan dengan memodifikasi metode Drill yang mana memfokuskan kepada materi yang kurang dihafal atau sering ditemukannya kesalahan oleh pelajar dengan memunculkan kembali atau menyisipkan materi yang kurang dihafal tersebut pada latihan yang sedang dijalankan.
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar Aksara Jawa adalah dibuatkanya media pembelajaran modern yang menerapkan konsep baru yang berbeda dari media pembelajaran yang telah ada dan dapat mudah digunakan oleh pelajar maupun pengajar Aksara Jawa. Berdasarkan bahasan diatas dibuatlah gim Android sebagai media pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran Drill di dalam permainan. Dengan menggunakan metode ADDIE sebagai proses pengembangannya, aplikasi dibuat dengan menggunakan perangakat lunak Unity 3D sebagai penyatu semua konten, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator untuk pembuatan konten gambar dan Visual Studio sebagai pengolah Bahasa C#.
Gim edukasi Aksara Jawa berbasis Android dengan penyesuaian latihan ini dapat berjalan lancar ketika diuji dengan Black Box, dari hasil pengujian oleh pengguna yang dilakukan dengan metode SUS gim ini mendapat nilai A dengan acuan interpretasi SUS score.
Collections
- Informatics Engineering [2170]