Pandangan Guru MAN 1 Yogyakarta terhadap Penerapan Ujian Nasional di Indonesia
Abstract
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis penilaian sebagai bentuk evaluasi oleh pemerintah guna mengukur keberhasilan peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan pada jalur sekolah atau madrasah, diselenggarakan secara nasional dan merupakan salah satu metode guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Namun dalam pelaksanannya tidak terlepas dari berbagai kendala yang hampir setiap tahun mengiringi pelaksanaannya. Ujian Nasional selalu mengalami perubahan sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Ujian Nasional. Namun efektifitas pelaksanaan Ujian Nasional perlu dikaji lebih lanjut, sehingga penyususnan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Guru terkait pelaksanaan Uian Nasional di indonesia
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas dan guru mata pelajaran Ujian Nasional MAN 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini yaitu tentang Pandangan Guru MAN 1 Yogyakarta Terhadap Penerapan Ujian Nasional di Indonesia. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang pandangan guru MAN 1 Yogyakarta terhadap pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia, menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Yogyakarta memiliki pandangan masing-masing. Namun, pada prinsipnya guru menginginkan adanya kepastian skema metode yang digunakan. Baik skema penilaian mutu pendidikan dalam setiap sekolah untuk tingkat nasional ataupun skema evaluasi untuk menentukan kelulusan. Baik Ujian Nasional atapun Asesmen, akan ada menimbulkan dinamika di setiap sekolah. Sejatinya pemerintah harus menyiapkan segala sesuatu dengan matang, sehingga dalam penerapannya guru dan siswa lebih siap serta tujuan dapat dicapai dengan hasil yang akuntabel.
Collections
- Islamic Education [862]