Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kinerja Manajemen Proyek pada Kontraktor Bangunan Gedung Berkualifikasi Kecil di Yogyakarta
Abstract
Meningkatnya peran sektor konstruksi terhadap perekonomian Indonesia sejalan dengan pertumbuhan perusahaan konstruksi di Indonesia. Pertumbuhan perusahaan konstruksi berdampak kepada masalah bisnis, seperti tingkat persaingan yang tinggi. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah menciptakan dan mempertahankan pelanggan yang puas dan loyal. Hal ini mendorong kontraktor untuk meningkatkan pemahaman akan kepuasan pelanggan. Kontraktor memiliki standarisasi manajemen proyek berupa PMBOK Guide untuk meminimalisir kegagalan proyek yang berdampak pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu mengidentifikasi variabel-variabel dari kinerja manajemen proyek konstruksi bangunan gedung berkualifikasi kecil di Yogyakarta; mengukur tingkat kepuasan pelanggan dari kinerja manajemen proyek konstruksi bangunan gedung berkualifikasi kecil di Yogyakarta; dan mengidentifikasi variabel-variabel dari kinerja manajemen proyek konstruksi bangunan gedung berkualifikasi kecil yang perlu usulkan untuk ditingkatkan atau dipertahankan guna meningkatkan kepuasan pelanggan.Metode analisis yang digunakan yaitu dengan metode customer satisfaction index dan importance performance analysis. Hasil analisis dengan customer satisfaction index menunjukkan nilai CSI sebesar 78,105% yang berarti sangat puas. Hasil analisis dengan importance performance analysis menunjukkan variabel manajemen proyek yang masuk ke dalam kuadran I adalah manajemen integrasi, manajemen ruang lingkup, dan manajemen jadwal; variabel manajemen proyek yang masuk ke dalam kuadran II adalah manajemen biaya, manajemen mutu, dan manajemen komunikasi; variabel manajemen proyek yang masuk ke dalam kuadran III adalah manajemen sumber daya, manajemen risiko, dan manajemen pengadaan; dan variabel manajemen proyek yang masuk ke dalam kuadran IV adalah manajemen stakeholder.