Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Fathan Hidayatullah, S.T., M.Cs.
dc.contributor.authorHabib Faizal Fadli
dc.date.accessioned2021-06-28T02:21:09Z
dc.date.available2021-06-28T02:21:09Z
dc.date.issued2021-01-11
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29710
dc.description.abstractCyberbullying menjadi sebuah masalah yang harus mendapat perhatian serius oleh semua pihak. Di samping tindakan ini merupakan kebiasaan yang buruk, cyberbullying juga memberikan dampak yang mengerikan, mulai dari gangguan psikis korban, hingga berujung pada kasus bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi konten yang mengandung makna perundungan secara daring (cyberbullying) pada media sosial. Media sosial yang dipilih adalah Twitter. Setidaknya, ada 6835 baris data yang telah dikumpulkan. Data-data tersebut berisi dua jenis cuitan baik cuitan yang memiliki kecenderungan cyberbullying dan non-cyberbullying. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan lima langkah penelitian, yaitu pengumpulan data, preprocessing, klasifikasi, evaluasi, dan deteksi konten. Algoritma Deep Learning yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah Bidirectional Long Short Term Memory. Setelah model terbentuk, kemudian dibuat sebuah fitur untuk deteksi konten. Klasifikasi menggunakan algoritma Bidirectional Long Short Term Memory terbukti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan algoritma Long Short Term Memory. Model tersebut menjadi inti dari fitur identifikasi cyberbullying yang diimplementasikan dalam sebuah fitur deteksi konten.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecttwitteren_US
dc.subjectcyberbullyingen_US
dc.subjectdeep learningen_US
dc.subjectklasifikasien_US
dc.titleDentifikasi Cyberbullying Pada Media Sosial Twitter Menggunakan LSTM Dan BILSTMen_US
dc.Identifier.NIM17523143


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record