Show simple item record

dc.contributor.advisorAridhanyati Arifin
dc.contributor.author15523123 Septarianto Evan Arnoldy
dc.date.accessioned2021-06-25T07:15:47Z
dc.date.available2021-06-25T07:15:47Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29687
dc.description.abstractKesehatan merupakan keadaan sejahtera dari fisik, mental dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Pengertian kesehatan jiwa yaitu kondisi seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi dalam komunitasnya. Di sekolah tanpa disadari ternyata banyak remaja yang mengalami stres karena banyak sekali tekanan yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mentalnya. Jumlah penderita skizofrenia atau psikosis sebanyak 7‰ dengan cakupan pengobatan sebesar 84,9%. Kemudian, prevalensi gangguan mental emosional pada remaja berumur lebih dari 15 tahun sebesar 9,8%. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2013 yaitu sebesar 6%. Dengan demikian masalah kesehatan mental tidak bisa lagi dipandang sebelah mata karena dampaknya yang begitu mengerikan. Pengawasan kesehatan mental perlu dilakukan sejak dini untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat melakukan pengawasan kesehatan mental dan prestasi belajar untuk remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan (field research), data diambil langsung dari lapangan, sedangkan metode untuk pengambilan data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk perhitungan pengolahan data menggunakan skala Likert, kemudian metode yang digunakan untuk mencari pengaruh kesehatan mental terhadap prestasi belajar menggunakan metode korelasi Pearson Product Moment. Sistem dibuat berbasis web, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan sistem manajemen basis data MySQL Dari hasil pengujian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa sistem monitoring kesehatan mental remaja dan prestasi belajar sudah sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengawasi kesehatan mental dan prestasi belajar siswa dengan mudah, serta sistem dapat menunjukkan pengaruh kesehatan mental terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode korelasi Pearson Product Moment.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKesehatan mentalen_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.subjectsistem monitoringen_US
dc.titleSistem Monitoring Kesehatan Mental dan Prestasi Belajar untuk Remajaen_US
dc.Identifier.NIM15523123


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record