Desain Interaksi Menggunakan Metode the Five Planes pada Studi Kasus Website Penjualan dan Edukasi Tanaman Hidroponik
Abstract
Seiring berkembangnya pemanfaatan internet, animo masyarakat secara bertahap beralih
ke perdagangan elektronik atau yang biasa disebut dengan e-commerce. Kemudahan dalam
berbisnis ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat dengan memulai sebuah usaha rintisan.
Dalam studi kasus ini, penulis akan mengangkat suatu permasalahan dari seseorang yang baru
akan merintis usaha tanaman hidroponik. Dalam merintis sebuah usaha baru dibutuhkan
fondasi yang kuat untuk mendukung kelansungan usaha tersebut. Website menjadi salah satu
faktor penting bagi pemilik usaha hidroponik untuk memperkenalkan identitas usahanya
kepada para calon konsumen yang berminat. Selain sebagai wadah untuk transaksi, website
juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk edukasi bagi masyarakat yang ingin mempelajari
tentang cara bercocok tanam hidroponik.
Dalam penelitian ini, penulis menawarkan perancangan desain interaksi website penjualan
dan edukasi tanaman hidroponik sebagai solusi dari permasalahan yang di hadapi. Metode yang
digunakan dalam proses perancangan adalah The Five Planes yang berlandaskan konsep User-
Centered Design (UCD) sehingga sangat memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan
pengguna. Metode ini memiliki lima elemen yang bertahap dan saling mempengaruhi satu
dengan yang lain yang meliputi strategy plane, scope plane, structure plane, skeleton plane,
dan surface plane.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah prototype sebagai simulasi dari desain website
hidroponik yang telah dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna. Prototype kemudian
diujikan kepada beberapa responden dalam usability testing dengan metode cognitive
walkthrough untuk mengetahui tingkat pemahaman dan efisiensi pengguna dalam terhadap
desain tersebut. Proses usability testing dilakukan hingga dua kali iterasi dengan beberapa
evaluasi desain hingga persentase keberhasilan prototype mencapai 100%. Setelah itu,
prototype dievaluasi oleh dua orang ahli bidang UI/UX dengan cara heuristic evaluation
dengan penilaian akhir sebesar 3,1 dan 4,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain yang
dirancang telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan penerapan pengalaman pengguna
yang cukup baik.
Collections
- Informatics Engineering [2143]