Desain Alat Bantu Pengganti Bola Lampu Menggunakan Model Kano
Abstract
Penggunaan alat memudahkan kegiatan dalam mengganti lampu. Alat yang digunakan sering mengalami keluhan bagi pengguna. Untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kepuasan konsumen, maka dilakukan pengembangan desain secara terus-menerus berdasarkan atribut-atribut yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain alat pengganti lampu yang mampu mengatasi keluhan konsumen berdasarkan atribut-atribut sesuai keinginan konsumen agar dapat digunakan dengan nyaman. Untuk menghasilkan desain secara maksimal, maka penelitian ini menggunakan pendekatan model kano. Awal penelitian ini adalah identifikasi kebutuhan konsumen berdasarkan wawancara yang akan menjadi langkah pertama dalam perbaikan desain alat pengganti lampu. Hasil dari tahap voice of customer akan dianalisis berdasarkan tingkat kepentingan konsumen tiap atribut menggunakan model kano. Pembuatan desain alat pengganti lampu menggunakan software autodesk fusion 360, sedangkan prototype menggunakan mesin 3D printing hingga melakukan pengujian validitas dan tingkat kenyamanan yang melibatkan konsumen dan hasil desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh atribut yang diutamakan dalam perbaikan melalui desain alat pengganti lampu, terdiri atas cengkeraman tidak mudah merusak lampu, tongkat ringan dan kuat, tongkat nyaman ditangan, alat mudah digunakan, tongkat dapat menjangkau sudut horizontal, alat multifungsi, produk tahan lama. Sedangkan untuk hasil validasi rancangan berdasarkan uji tingkat penurunan keluhan musculoskeletal menggunakan kuesioner nordic body map menunjukkan bahwa H1 diterima dengan nilai asymp sig (2-tailed) sebisar 0,005<0,05 yang artinya terjadinya penurunan keluhan musculoskeletal menggunakan alat baru dibandingkan alat lama. Sedangkan hasil uji tingkat kenyamanan menunjukkan bahwa nilai asymp sig (2-tailed) sebesar 0,005<0,05 yang artinya mengalami peningkatan tingkat kenyamanan menggunakan alat baru dibandingkan alat lama.