Show simple item record

dc.contributor.authorAr’ Rachman, Raihan /13711080
dc.date.accessioned2021-06-24T06:47:01Z
dc.date.available2021-06-24T06:47:01Z
dc.date.issued2016-06-09
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/29598
dc.description.abstractFarmakologi adalah mata kuliah penting bagi mahasiswa kedokteran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tobaiqy et al.(2007), 53-59% dari 90 orang dokter yang baru lulus di Inggris memiliki pemahaman yang rendah mengenai farmakologi. Sebanyak 2.413 mahasiswa kedokteran dan dokter yang baru lulus memilki pemahaman yang lemah mengenai materi farmakologi dan cara penulisan resep (Heaton et al, 2008), Tujuan : Untuk memahami persepsi mahasiswa program studi pendidikan dokter UII angkatan 2013 mengenai pembelajaran farmakologi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari narasumber melalui proses focus group discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Hasil : Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui kuliah tidak efektif karena metode mengajar dosen yang kurang optimal. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui praktikum tidak efektif karena jumlahnya yang terlalu sedikit dan asisten dosen kurang menguasai materi yang disampaikan. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui keterampilan medik efektif karena dilakukan dalam kelompok kecil dan di bimbing oleh instruktur yang sudah ahli. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui diskusi tutorial tidak efektif walaupun dilakukan dalam kelompok kecil karena selama diskusi mahasiswa lebih fokus membahas patogenesis penyakit daripada mekanisme obat untuk terapi. Menurut mahasiswa materi farmakologi yang dipelajari selama ini sulit, untuk memahaminya dengan baik, mahasiswa belajar dengan gaya belajar yang dimiliki dan berdiskusi bersama teman. Kesimpulan : Keterampilan medik adalah metode pembelajaran farmakologi paling efektif dibandingkan metode yang lain. Karena materi farmakologi sulit, mahasiswa berusaha memahaminya dengan belajar melalui berbagai metode dan berdiskusi bersama teman-teman.en_US
dc.description.sponsorshipdr. Putrya Hawa, M.Biomeden_US
dc.publisherUIIen_US
dc.subjectPembelajaran Farmakologi.en_US
dc.subjectPersepsi,en_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK UII Angkatan 2013 Mengenai Pembelajaran Farmakologien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record