dc.contributor.author | Ar’ Rachman, Raihan /13711080 | |
dc.date.accessioned | 2021-06-24T06:47:01Z | |
dc.date.available | 2021-06-24T06:47:01Z | |
dc.date.issued | 2016-06-09 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/29598 | |
dc.description.abstract | Farmakologi adalah mata kuliah penting bagi mahasiswa
kedokteran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tobaiqy et al.(2007), 53-59%
dari 90 orang dokter yang baru lulus di Inggris memiliki pemahaman yang rendah
mengenai farmakologi. Sebanyak 2.413 mahasiswa kedokteran dan dokter yang baru
lulus memilki pemahaman yang lemah mengenai materi farmakologi dan cara
penulisan resep (Heaton et al, 2008),
Tujuan : Untuk memahami persepsi mahasiswa program studi pendidikan dokter UII
angkatan 2013 mengenai pembelajaran farmakologi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan
dari narasumber melalui proses focus group discussion (FGD) dan wawancara
mendalam.
Hasil : Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui kuliah tidak
efektif karena metode mengajar dosen yang kurang optimal. Persepsi mahasiswa
mengenai pembelajaran farmakologi melalui praktikum tidak efektif karena
jumlahnya yang terlalu sedikit dan asisten dosen kurang menguasai materi yang
disampaikan. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran farmakologi melalui
keterampilan medik efektif karena dilakukan dalam kelompok kecil dan di bimbing
oleh instruktur yang sudah ahli. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran
farmakologi melalui diskusi tutorial tidak efektif walaupun dilakukan dalam
kelompok kecil karena selama diskusi mahasiswa lebih fokus membahas patogenesis
penyakit daripada mekanisme obat untuk terapi. Menurut mahasiswa materi
farmakologi yang dipelajari selama ini sulit, untuk memahaminya dengan baik,
mahasiswa belajar dengan gaya belajar yang dimiliki dan berdiskusi bersama teman.
Kesimpulan : Keterampilan medik adalah metode pembelajaran farmakologi paling
efektif dibandingkan metode yang lain. Karena materi farmakologi sulit, mahasiswa
berusaha memahaminya dengan belajar melalui berbagai metode dan berdiskusi
bersama teman-teman. | en_US |
dc.description.sponsorship | dr. Putrya Hawa, M.Biomed | en_US |
dc.publisher | UII | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Farmakologi. | en_US |
dc.subject | Persepsi, | en_US |
dc.title | Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK UII Angkatan 2013 Mengenai Pembelajaran Farmakologi | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |