Hubungan Kejadian Kekerasan Fisik Dan Kekerasan Verbal Terhadap Prestasi Sekolah Pada Anak Kelas 4 Dan 5 Di Sd Negeri Babarsari Yogyakarta Lya Vianda Putri 13711071 Hubungan Perilaku Kekerasan Verbal Pada Anak Terhadap Perkembangan Mental Dan Emosional Pada Anak Di Sd Negeri Turen
Abstract
Anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya
untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik itu fisik , mental, sosial,
maupun spiritual. Mereka perlu mendapatkan hak-haknya sehingga mereka perlu
dilindungi dan disejahterakan. Namun itu semua akan terhambat oleh karena
faktor-faktor tertentu, salah satunya karena kekerasan yang dilakukan oleh orang
dewasa. Kekerasan terhadap anak memiliki beberapa klasifikasi salah satunya
yaitu kekerasan verbal, dimana kekerasan dalam bentuk ini menurut beberapa
penelitian dapat berakibat yang fatal terhadap psikis anak yang berujung pada
gangguan perkembangan mental dan emosional pada anak.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara perilaku kekerasan verbal pada anak
terhadap perkembangan mental dan emosional pada anak di SDN Turen Pakem.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik tipe
komparatif dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah dengan tekniktotal populasi, dimana hasilnya terdapat 42
subjek yang digunakan dalam penelitian. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner
kekerasan verbal, serta The Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ). Data
hasil penelitian kemudian diolah melalui analisis univariat dan analisis bivariat
dengan menggunakanprogramstatistik.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan
antara kekerasan verbal terhadap perkembangan mental dan emosional
(p=0,380)pada siswa-siswi kelas VI dan V di SDN Turen, Pakem.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara kekerasan verbal pada
anak terhadap perkembangan mental dan emosional pada anak.
Collections
- Medical Education [2418]