Meningkatkan Kualitas Kerjasama Tim pada Karyawan Bagian Penjualan Melalui Pelatihan “We Are Excellent Team”
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas kerjasama tim melalui pelatihan “We Are Excellent Team” pada karyawan bagian penjualan di perusahaan distribusi wilayah Bogor. Pelatihan yang dilaksanakan merupakan pelatihan membangun tim (team building). Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi dengan desain one group pretest posttest dan partisipan berjumlah 10 orang karyawan bagian penjualan. Kuesioner utama dalam penelitian ini adalah kuesioner kualitas kerjasama tim yang berisikan enam aspek teori kualitas kerjasama tim dari teori Hoegl dan Guemenden (2001). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji non parametrik Friedman dan Wilcoxon. Hasil uji kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada skor kualitas kerjasama tim pada partisipan penelitian sebelum dan sesudah diberikan pelatihan “We are Excellent Team”, sehingga secara teoritis memperkuat asumsi bahwa pemberian pelatihan membangun tim (team building) dapat meningkatkan kualitas kerjasama tim.
Collections
- Master of Psychology [344]