Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Ragil Suryoputro
dc.contributor.author16522211 Nur Rochman Wibisono
dc.date.accessioned2021-06-15T08:22:16Z
dc.date.available2021-06-15T08:22:16Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29371
dc.description.abstractDalam melakukan perbandingan usabilitas e-commerce maka terdapat 2 metode yang dapat memecahkan perbandingan usabilitas ini. Kemudian metode subjektif peneliti memilih menggunakan USE questionnaire dengan batas minimal yaitu 100 responden supaya dapat menemukan prefrensi pengguna yang subjektif dan mudah diulang. Dan metode objektif peneliti memilih menggunakan Performance measurement dengan 10 responden supaya mudah untuk membandingkan hasilnya. Pertama, dengan metode subjektif yaitu USE questionnaire dengan 4 atribut dan total 30 soal melalui kuesioner online pada google form. Dari 4 atribut tersebut terdiri atas kebergunaan (usefullness), mudah digunakan (ease of use), mudah dipahami (ease of learning), kepuasan (satisfaction). Kedua, dengan metode objektif yaitu Performance Measurement dengan mencari perhitungan untuk membandingkan tingkat efektivitas dan efisiensi pada aplikasi e-commerce tokopedia dan bukalapak. Kemudian terdapat permasalahan dalam penelitian ini yaitu aplikasi e-commerce mana yang lebih tinggi dengan perhitungan USE questionnaire dari 4 atribut, aplikasi e-commerce mana yang lebih efektif dan efisien ketika digunakan, dan aplikasi e-commerce mana yang memberikan kepuasan lebih baik terhadap penggunanya. Dari ketiga permasalahan tersebut peniliti melakukan perhitungan yang pertama dengan USE questionnaire dengan hasil bahwa tokopedia lebih unggul dari semua atribut pada USE questionnaire karena tokopedia itu sudah terbukti berdasarkan data yang telah dibuat oleh peneliti ini yaitu dapat dilihat dari tingkat kebergunaan(usefullness), mudah digunakan (ease of use),mudah dipahami(ease of learning), kepuasan(satisfaction) bahwa seluruh hasil akhir perhitungannya Tokopedia unggul diantara 4 atribut tersebut yang berada pada USE questionnaire. Pada penelitian ini, dapat di analisa dalam pembahasan bahwa tokopedia lebih mudah digunakan, tetapi secara objektif terutama dalam tingkat efisiensi bukalapak lebih baik dibandingkan tokopedia pada skenario 2 dan skenario 3 dengan perbandingan yaitu 69,3 detik : 62,1 detik :61,9 detik:57,7 detik. Peneliti menganggap bahwa Tokopedia dalam kebergunaan (usefullness), kemudahan dalam penggunaan (ease of use), kemudahan dalam mempelajari (ease of learning), dan tingkat kepuasan (satisfaction) aplikasi e-commerce lebih unggul daripada bukalapak. Dengan perbandingan yang pertama yaitu kebergunaan (usefullness) yaitu 5,370 : 5,158. Kemudahan dalam penggunaan (ease of use) yaitu 5,348 : 5,135. Kemudahan dalam mempelajari (ease of learning) yaitu 5,481 : 5,255. Kepuasan (satisfaction) yaitu 5,481 : 5,255.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectusabilityen_US
dc.subjectuse questionnaireen_US
dc.subjectperformance measurementen_US
dc.titlePerbandingan Usabilitas E-Commerce dengan Metode Subjektif dan Objektif (Studi Kasus : Tokopedia dan Bukalapak)en_US
dc.Identifier.NIM16522211


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record