Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persanda
dc.contributor.author13523139 Aulia Ahmad Urfan SP
dc.date.accessioned2021-06-14T06:08:53Z
dc.date.available2021-06-14T06:08:53Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29287
dc.description.abstractKerusakan lingkungan di dunia ini semakin marak terjadi akibat perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab. Sebagai bentuk tanggungjawab, pemerintah mulai bergerak untuk mendidik mulai dari generasi anak-anak, hingga dewasa. Salah satu cara mendidik bagi anakanak di sekolah yaitu dengan mendirikan sekolah berwawasan lingkungan. Tapi dalam penerapannya, masih terdapat beberapa kekurangan, seperti pembelajaran yang monoton ataupun suasan kelas yang berisik. Untuk menangani masalah itu, maka dibentuklah sebuah desain interaksi aplikasi edukasi untuk membantu pembelajaran selain di sekolah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Design thinking dan konsep Gamifikasi dalam membuat desain interaksi tersebut. Tahapan yang dilalui dimulai dari emphaty dengan melakukan observasi dan wawancara. Selanjutnya masuk ke perancangan persona dan pembuatan use case diagram. Tahap selanjutnya dibuatlah sebuah wireframe sederhana untuk tampilan awal tentang aplikasi tersebut. Setelah dirasa cukup, perancangan dilanjutkan kebentuk prototype, dimana bentuk perancangan sudah seperti aplikasi sesungguhnya. Prototype inilah yang diiujikan kepada persona yang sudah didapat dengan menggunakan Usability Testing. Dari pengujian itu, dibentuklah sebuah indikator untuk mengukur kesuksesan dari desain interaksi yang dibuat. Pengujian ini dilakukan sampai dua iterasi sampai tidak ada keluhan dari persona. Pengujian kedua juga dilakukan dengan menggunakan Heuristic Evaluation kepada para ahli untuk lebih memastikan desain interaksi yang dibuat sudah sesuai dengan 10 prinsip yang ada. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah perancangan aplikasi pembelajaran ini mempermudah siswa menyelesaikan tujuannya belajar tentang peduli lingkungan. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking dan konsep Gamifikasi. Desain interaksi ini juga sudah dilakukan pengujian dengan Usability Testing dan Heuristic Evaluation. Diharapkan desain interaksi ini bisa menjadi acuan dalam pembuatan aplikasi yang sesungguhnyaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsekolah berwawasan lingkunganen_US
dc.subjectdesain interaksien_US
dc.subjectdesign thinkingen_US
dc.subjectGamifikasien_US
dc.subjectUsability Testingen_US
dc.subjectHeuristic Evaluationen_US
dc.titleDesain Interaksi Aplikasi Pembelajaran Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Menggunakan Gamifikasien_US
dc.Identifier.NIM13523139


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record