Show simple item record

dc.contributor.advisorRaden Teduh Dirgahayu
dc.contributor.author16917116 Rizki Setyo Nugroho
dc.date.accessioned2021-06-14T04:08:31Z
dc.date.available2021-06-14T04:08:31Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29279
dc.description.abstractPemanfaatan smartphone dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi dapat dipandang dari dua sisi yang bertolak belakang. Pada sisi positif, smartphone dapat mempermudah mahasiswa mengakses materi pembelajaran online. Pada sisi negatif, smartphone dianggap dapat mengganggu proses pembelajaran ketika mahasiswa menggunakannya untuk mengakses konten yang tidak relevan. Perbedaan karakteristik generasi antara mahasiswa dan dosen menentukan pembentukan perspektif masing-masing terhadap pemanfaatan perangkat TI, khususnya smartphone, untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini berfokus pada program studi yang berkaitan dengan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran di kelas, dengan memperhatikan pengetahuan tentang mobile learning, fitur-fitur pada smartphone, serta hambatan penguunaan smartphone untuk proses belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dosen terdapat perbedaan signifikan antara Program Studi Ekonomi dengan Pendidikan dan Konseling dalam menilai apakah smartphone dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar, dan juga perbedaan pandangan tentang penggunaan fitur menonton video untuk pembelajaran di kelas pada Program Studi Komputer dan Pendidikan. Pada mahasiswa terjadi perbedaan pandangan antara prodi Ekonomi dan Pendidikan dalam menilai apakah smartphone dapat menghemat waktu belajar. Dosen dan Mahasiswa yang kurang pengetahuan tentang teknologi cenderung akan merasa khawatir tentang penggunaan smartphone dalam pembelajaran di kelas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Mobileen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectSmartphoneen_US
dc.titleSmartphone untuk Pembelajaran di Kelas: Perspektif Mahasiswa dan Dosen pada Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16917116


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record