Korelasi Global Rating Dan Actual Mark Pada Penilaian Osce Fakultas Kedokteran Angkatan 2012 Universitas Islam Indonesia
Abstract
OSCE merupakan penilaian yang dilakukan untuk menilai tingkat kemampuan shows how pada Piramida Miller. Di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Penentuan kelulusan OSCE dilakukan dengan Borderline Regression Method (BRM). BRM dilakukan berdasarkan actual mark terhadap global rating untuk menentukan cut off antara global rating dan actual mark. Keselarasan antara actual mark dan global rating menentukan kualitas pelaksanaan OSCE.
Tujuan: Untuk mengetahui korelasi global rating dan actual mark pada penilaian OSCE Fakultas Kedokteran UII angkatan 2012.
Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diperoleh dari nilai OSCE utama angkatan 2012 Fakultas Kedokteran UII semester satu sampai tujuh. Sampel diambil menggunakan metode total sampling sehingga jumlah sampel adalah 133 mahasiswa. 12 mahasiswa dieksklusi sehingga subjek yang digunakan sebanyak 121 mahasiswa.
Hasil Penelitian: Station pada semester 1 memiliki korelasi kuat sampai sangat kuat dengan ρ= 0,650 sampai ρ= 0,867 (p<0,05). Semester 2 memiliki korelasi sedang sampai sangat kuat dengan ρ= 0,588 sampai ρ= 0,853 (p<0,05). Semester 3 memiliki korelasi kuat sampai sangat kuat dengan ρ= 0,679 sampai ρ= 0,855 (p<0,05). Semester 4 memiliki korelasi sedang sampai sangat kuat dengan ρ= 0,583 sampai ρ= 0,813 (p<0,05). Semester 5 memiliki korelasi kuat sampai sangat kuat dengan ρ= 0,737 sampai ρ= 0,898 (p<0,05). Semester 6 memiliki korelasi kuat sampai sangat kuat dengan ρ= 0,657 sampai ρ= 0,871 (p<0,05). Semester 7 memiliki korelasi kuat sampai sangat kuat dengan ρ= 0,612 sampai ρ= 0,796 (p<0,05).
Kesimpulan: nilai global rating dan actual mark pada sebagian besar station (52,3%) memiliki korelasi positif kuat yang bermakna. Disusul 44,6% station dengan korelasi positif sangat kuat yang bermakna dan 3% station memiliki korelasi positif sedang yang bermakna.
Collections
- Medical Education [2286]