Analisis Kualitas Pelayanan Klinik Covid-19 di RSUD Leuwiliang dengan Metode ServQual
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Kualitas Pelayanan Klinik Covid-19 di RSUD Leuwiliang Dengan Metode SERVQUAL”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas aspek layanan kesehatan di klinik Covid-19 berdasarkan proses pelayanan yang diberikan kepada pasien.
Dalam penelitian ini, sampel yang diambil adalah pasien rawat jalan dengan gejala Covid-19 yang sedang berobat ke RSUD Leuwiliang dengan responden sejumlah 50 pasien. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kualitas layanan pada setiap dimensi hampir mendekati 1 (Q ≤ 1) sehingga dapat dikatakan kualitas pelayanan pada pihak RSUD Leuwiliang hampir mendekati kata “Baik”. Selain itu, terdapat lima atribut dari keseluruhan atribut di setiap dimensi SERVQUAL yang memiliki indeks kepuasan rendah. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan pada penelitian ini yaitu dengan mengatur kembali tata letak fasilitas Poli ISPA dengan lebih menyesuaikan prosedur Social Distancing, memberi pelatihan kepada Dokter dan Perawat untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan informasi terkait Covid-19 juga dalam memberikan pelayanan tepat waktu melalui penerapan kedisiplinan, serta meningkatkan kesigapan Dokter dan Perawat dalam memberikan informasi seputar Covid-19 dan dalam hal menanggapi keluhan pasien melalui serangkaian kedisiplinan dalam medis.
Collections
- Industrial Engineering [2220]