Show simple item record

dc.contributor.advisorAmarria Dila Sari, S.T., M.Eng
dc.contributor.authorRizki Tri Rahayu, 13522199
dc.date.accessioned2021-06-10T02:36:24Z
dc.date.available2021-06-10T02:36:24Z
dc.date.issued2020-10-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29105
dc.description.abstractDalam mendesain sebuah aplikasi harus mempertimbangkan aspek usabilitas agar produk sesuai dengan keinginan pengguna. Gifood (PT. Teknologi Inovasi Kebaikan) adalah perusahaan yang beroperasi di Yogyakarta dan bergerak dalam bidang teknologi pengurangan food waste dengan menyediakan platform untuk menghubungkan orang yang memiliki kelebihan makanan dan orang yang membutuhkan makanan. Gifood mencoba untuk mengembangkan aplikasi mobile website yang saat ini masih dalam versi beta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usabilitas dari aplikasi mobile website Gifood dan memberikan saran agar aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan mengetahui masalah, skor usabilitas, dan memberikan rekomendasi. Penelitian dilakukan dari tanggal 19 Juni sampai akhir bulan Juli 2020. Metode yang digunakan yaitu performance measurement, kuesioner System Usability Scale (SUS) dan wawancara untuk mendapatkan user persona. Subjek penelitian terdiri dari 33 orang responden yang merupakan orang yang berdomisili atau mahasiswa universitas di Yogyakarta, berusia 18-34 tahun, menggunakan smartphone,dan aktif menggunakan media sosial. Hasil dari penelitian ini yang pertama masalah yang paling banyak dialami responden saat mengoperasikan aplikasi mobile website Gifood antara lain responden salah mengisi formulir login yang seharusnya daftar, kegagalan mengunggah foto karena batasan maksimal berukuran 2 MB, dan peta yang eror. Skor System Usability Scale (SUS) yaitu sebesar 65,45. Skor ini masuk ke dalam persentil 41, artinya skor SUS lebih baik daripada 41% skor yang ada di database, mendapatkan grade C dalam interpretasi grades, good dalam kategori adjective ratings, kategori marginal acceptable dalam interpretasi acceptability, dan responden akan cenderung pasif, yaitu bukan sebagai promoter ataupun detractor jika skor diinterpretasikan dalam NPS. Rekomendasi yang diberikan untuk mengatasi masalah pada aplikasi mobile website Gifood antara lain menambahkan tulisan yang menunjukkan keterangan dan pembeda halaman login atau buat akun di atas kolom formulir, menaikkan batas ukuran foto yang dapat diunggah atau menerapkan sistem yang dapat mengkompres ukuran foto, dan sistem backup sementara pada halaman Bagikan Makanan serta mengkaji ulang desain tampilan aplikasi agar lebih menarik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUsabilitasen_US
dc.subjectGifooden_US
dc.subjectSystem Usability Scale (SUS)en_US
dc.subjectPerformance Measurementen_US
dc.titleANALISIS USABILITAS APLIKASI MOBILE WEBSITE GIFOODen_US
dc.Identifier.NIM13522199


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record