Show simple item record

dc.contributor.advisorJunanah
dc.contributor.author18913068 Amirudin Najib Arfan Pradana
dc.date.accessioned2021-06-10T01:33:59Z
dc.date.available2021-06-10T01:33:59Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29095
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman SARA. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan beribu-ribu pulau yang terdapat di dalamnya. Keanekeragaman ini dapat dijadikan sebagai modal pengetahuan kebudayaan bagi bangsa, di sisi lain juga menjadi lahan konflik dan kecemburuan sosial yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya yang disebabkan oleh kurang terjalinnya komunikasi antar masyarakat, sikap fanatisme sempit yang memandang keyakinan, budaya, tradisinya yang paling benar dan lain sebagainya. Gagasan multikulturalisme dalam sistem pendidikan nasional berkeinginan untuk menciptakan kesetaraan, keharmonisan, dan kesejahteraan bagi masyarakat. Begitupun dengan konsep yang diusung oleh Asghar Ali Engineer yaitu teologi pembebasan. Konsep ini juga memiliki keinginan yang sama sesuai dengan ajaran Islam rahmatan lil „alamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi pustaka dan tokoh yang berkaitan dengan tema penelitian yaitu pendidikan multikultural dan teologi pembebasan perspektif Asghar Ali Engineer. Sumber yang digunakan terdiri dari sumber primer dan sekunder yang dijadikan pendukung penelitian. Hasil penelitian yang dihasilkan menunjukkan bahwa sikap toleransi dan komunikasi diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang dihiasi oleh keharmonisan dan kesejahteraan di tengah keanekaragaman. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Hujraat ayat 13. Selain itu, menunjukkan bahwa pada hakekatnya manusia itu memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya di masa yang akan datang bahkan dalam memilih suatu keyakinan, sebagaimana tertuang dalam surat Al Baqarah 256.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan multikultulturalen_US
dc.subjectsistem pendidikan nasionalen_US
dc.subjectteologi pembebasan Asghar Ali Engineeren_US
dc.titleRelevansi Pendidikan Multikultural Dalam Sistem Pendidikan Nasional dengan Teologi Pembebasan Asghar Ali Engineeren_US
dc.Identifier.NIM18913068


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record