PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KALANGAN REMAJA DUSUN CANDIREJO KELURAHAN SARDONOHARJO YOGYAKARTA
Abstract
Kemudahan akses informasi dan komunikasi mempermudah masuknya
budaya dari berbagai negara masuk ke Indonesia. Permasalahan kemerosotan
moral, karakter, dan akhlak di kalangan remaja merupakan salah satu problematika
kehidupan di masyarakat yang merupakan salah satu dampak negatif dari adanya
globalisasi dan modernisasi. Kegiatan keagamaan adalah salah satu solusi
membenahi karakter, moral dan akhlaq remaja pada saat ini. Dengan kegiatan
keagamaan, permasalahan remaja yang dihadapi saat ini dapat terbantu. Oleh sebab
itu peneliti akan mengungkap: 1. Bagaimana penanaman nilai-niai religiusitas
melalui kegiatan keagamaan di kalangan remaja Dusun Candirejo kelurahan
Sardonoharjo Yogyakarta, 2. Bagaimana dampak penanaman nilai-nilai religiusitas
melalui kegaiatan keagamaan terhadap perilaku sosial dan keagamaan remaja
Dusun Candirejo, Sardonoharjo, Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan dampak perilaku social remaja setelah
mengikuti dan ditanamkan beberapa nilai-nilai religious dengan metode tertentu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
takmir masjid Sholihin Candirejo, pengurus kepemudaan, perangkat Dusun
Candirejo yaitu ketua RW dan remaja aktif. Objek penelitian ini merupakan
internalisasi nilai-nilai religiusitas melalui kegiatan agama. Teknik yang digunakan
dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling
yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan
data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
teknik Triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan kegiaatan keagamaan dilakukan dengan
beberapa macam kegiatan dan dalam berbagai metode penanaman. Penelitian ini
menunjukkan hasil bahwa dengan adanya kegiatan keagamaan di Dusun Candirejo
dapat menimbulkan pengaruh positif terhadap perilaku social remaja di Dusun
Candirejo. Dampak tersebut timbul karena adanya penanaman nilai-nilai religius
yang terjadi dalam kegiatan tersebut, bahkan secara otomatis remaja dapat menjaga
diri karena pertanggung jawaban dari apa yang telah mereka ikuti.
Collections
- Islamic Education [862]