PENGARUH PANGSA PASAR, LEVERAGE, INTENSITAS MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN TINGKAT PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pangsa pasar, leverage,
intensitas modal, ukuran perusahaan, dan perputaran modal kerja terhadap
profitabilitas perusahaan makanan dan minuman. Populasi dalam penelitian ini adalah
perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun
2012-2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang
menghasilkan sampel sebanyak 14 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah
data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017 yang dapat diperoleh melalui
website
www.idx.co.id
. Metode analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pangsa pasar tidak berpengaruh
signifikan terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap
profitabilitas, intensitas modal berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas,
ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan tingkat
perputaran modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.
Collections
- Akuntansi [4399]