Penerapan Direct Instruction dengan Mathematic Flashcard Base on Multiple Intellegences untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap prestasi belajar matematika pada anak kesulitan belajar matematika di sekolah dasar dengan menggunakan multiple intellegences mathematic flashcard. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain eksperimen single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah desain A-B-A’. Partisipan dalam penelitian ini adalah 1 siswa kelas 5 SD yang mengalami kesulitan belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (dalam rentang angka 1-20). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif berupa analisis visual grafik. Data yang diperoleh dianalisis dilakukan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan peningkatan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (dalam rentang angka 1-20). Hal ini dibuktikan dengan hasil tes selama fase baseline A (pre) yang mendapatkan skor rata-rata 21,67. Pada fase baseline A’ (post) mendapatkan skor rata-rata 86,67. Hasil penelitian juga didukung oleh besaran nilai tumpang tindih (overlap) data yang memperlihatkan angka 0%, sehingga hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2270]