Perancangan Antarmuka Portal E-Sports dengan Pendekatan User-Centered Design pada Aplikasi Arenasia
Abstract
Kompetisi e-sports kini sedang berkembang pesat di Indonesia. Terbukti dengan para gamers di Indonesia sekarang berlomba lomba membangun tim e-sports untuk berkompetisi mengikuti turnamen. Di Indonesia sudah ada beberapa platform portal e-sports namun berdasarkan hasil observasi menunjukan, platform portal e-sports khususnya di Indonesia masih memiliki permasalahan usability diantaranya rata-rata mereka merasakan permasalahan sering tertinggalnya informasi adanya turnamen e-sports (tidak up-to-date), tampilan antarmuka platform yang sudah ada belum cukup baik dan kurang nyaman, beberapa mengeluhkan tidak dapat mengikuti sebuah turnamen disebabkan mereka tidak memiliki tim, sedangkan persyaratan mengikuti turnamen e-sports salah satunya peserta wajib tergabung dalam tim, banyaknya informasi turnamen palsu yang beredar tidak jelas kebenarannya. Dari permasalahan tersebut maka akan dikembangkan aplikasi baru yaitu Arenasia sebagai penyempurna dari platform portal e-sports sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan tahapan proses yaitu memahami konteks pengguna, menentukan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi perancangan serta evaluasi desain terhadap kebutuhan dengan melibatkan langsung calon pengguna yaitu para gamers atau pemain e-sports serta turnamen organizer dalam merancang platform ini agar sesuai dengan requirement yang spesifik. Hasil dari penelitian ini menghasilkan feedback evaluasi permasalahan antarmuka pada aplikasi Arenasia agar memberikan referensi yang valid untuk mengembangkan platform sesuai dengan usability yang dibutuhkan.
Collections
- Informatics Engineering [2148]