Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Rusdi
dc.contributor.advisor16320022
dc.contributor.author16320022 Dinda Puteri Kartika
dc.date.accessioned2021-05-24T01:09:20Z
dc.date.available2021-05-24T01:09:20Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28685
dc.description.abstractAplikasi Instagram saat ini sedang menjadi tren, terutama di kalangan remaja. Penggunaan Instagram membuat individu tidak segan untuk mengunggah segala macam kegiatan, perasaan, pendapat, foto pribadi dan video untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari perhatian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa harga diri memiliki hubungan yang negatif dengan selfie dan attention seeking, artinya individu dengan harga diri rendah cenderung memposting selfie untuk mencari perhatian dari orang lain agar harga dirinya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan motivasi memposting selfie dalam aspek attention seeking pada pengguna Instagram. Hipotesis yang diajukan adalah akan ada hubungan negatif antara harga diri dan motivasi memposting selfie dalam aspek attention seeking pada pengguna Instagram. Responden penelitian ini adalah 145 pengguna Instagram yang berusia 18-24 tahun. Peneliti menggunakan skala harga diri yang mengacu pada aspek-aspek Rosenberg (1965) yang diadaptasi oleh Maroqi (2018) dan skala motivasi memposting selfie yang dikembangkan oleh Sung, Lee, Kim & Choi (2016). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara harga diri dengan motivasi memposting selfie dalam aspek attention seeking pada pengguna Instagram (r = 0.139 dengan p = 0.048), sehingga hipotesis yang diajukan tidak diterima. Dengan adanya temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi harga diri individu, maka semakin tinggi pula kecenderungan attention seeking pada pengguna Instagram. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif terhadap harga diri dengan aspek attention-seeking pada pengguna Instagram berjenis kelamin laki-laki, dan hubungan yang signifikan antara frekuensi memposting selfie dengan motivasi attention seeking pada perempuan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHarga Dirien_US
dc.subjectMotivasi Memposting Selfieen_US
dc.subjectPengguna Instagramen_US
dc.titleHubungan Antara Harga Diri Dan Motivasi Memposting Selfie Dalam Aspek Attention Seeking Pada Pengguna Instagramen_US


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record