Show simple item record

dc.contributor.advisorChanifah Ratnasari
dc.contributor.author15523238 Sri Haryati
dc.date.accessioned2021-05-21T07:38:22Z
dc.date.available2021-05-21T07:38:22Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28678
dc.description.abstractStudio foto merupakan sebuah ruangan yang dirancang secara khusus dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti lampu atau pencahayaan, background, dan berbagai macam setting yang dapat mendukung proses pemotretan. Pemotretan di studio foto menghabiskan waktu antara 15-30 menit di mana waktu tersebut cukup lama jika studio sedang ramai dikunjungi oleh pelanggan. Berdasarkan observasi dan pengambilan data terhadap 30 orang pengguna jasa studio foto, terdapat beberapa penyebab masalah yang terjadi yaitu tidak ada sistem yang dapat mempermudah proses pemesanan studio foto karena pemesanan hanya dapat dilakukan dengan datang langsung ke studio atau melalui WhatsApp/telepon. Selain itu, permasalahan yang lain adalah terbatasnya pelanggan dalam mencari informasi mengenai paket yang ditawarkan dan respon dari pihak studio yang lambat. Kemudian untuk pencatatan data pelanggan masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan kertas dan untuk membuat laporan data transaksi Reflection Photography menggunakan microsoft excel. Hal ini tentunya membuat pelayanan Reflection Photography Yogyakarta menjadi kurang optimal. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dibutuhkan sistem yang dapat mempermudah pemesanan studio foto dan juga memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Adapun sistem yang akan dibangun adalah berbasis website dan metode penelitian yang digunakan adalah metode prototyping requirements. Terdapat tiga pengguna dalam sistem ini yaitu user, member, dan admin. User dapat registrasi akun, verifikasi pendaftaran akun, melihat paket foto, tipe paket, dan portofolio. Member dapat melakukan pemesanan, menerima notifikasi detail pesanan via email, melihat riwayat pemesanan, melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran, menerima notifikasi status pembayaran via email, melakukan reschedule tanggal pemotretan, manajemen profil, dan memberikan testimoni. Sedangkan admin dapat melihat data member, manajemen paket foto dan tipe paket, manajemen studio foto, manajemen portofolio, verifikasi pembayaran, mengecek status pembayaran, mengubah data pemesanan dan pembayaran, melihat data detail pembayaran, memfilter dan mencetak rekapitulasi data transaksi pelanggan, validasi data testimoni, melihat grafik pemesanan dan grafik perbandingan pendapatan per tiga bulan, serta melakukan reschedule tanggal pemotretan. Sistem ini diuji dengan dua pengujian yaitu pengujian menggunakan metode black box dilakukan dari sisi pengembang dan pengujian usability dilakukan dari sisi pengguna menggunakan kuesioner. Untuk hasil pengujian menggunakan metode black box, semua fitur yang diuji menunjukkan sesuai dengan hasil yang diharapkan sedangkan untuk hasil pengujian usability, semua aspek teknis yang diuji menunjukkan 100% bahwa sistem dapat diterima oleh pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectReflection Photography Yogyakartaen_US
dc.subjectstudio fotoen_US
dc.subjectprotoypingen_US
dc.subjectblack boxen_US
dc.subjectusabilityen_US
dc.titleSistem Informasi Pemesanan Studio Foto (Studi Kasus : Reflection Photography Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM15523238


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record