Pengaruh Adiksi Mobile Game Online Terhadap Tingkat Religiusitas Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa PAI Angkatan 2016)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan maraknya mobile game online di kalngan mahasiswa, banyak dari mahasiswa memainkan permainan daring tersebut secara sendiri maupun bersama-sama. Di lain kesempatan para mahasiswa memainkannya seolah sampai melupakan waktu. Peneliti melihat fenomena tersebut terdorong untuk meneliti hal tersebut dengan tujuan apakah ada pengaruh pada mobile game online pada tingkat religiusitas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan termasuk dalam jenis deskriptif kuantitaif. Responden penelitian nya adalah mahasiswa aktif angkatan 2016. Penelitian ini berlokasi di Program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Smapel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah 2 variabel yaitu mobile game online dan tingkat religiusitas. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden secara online menggunakan Google Form. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 23 for windows
Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh antara mobile game online terhadap tingkat religiusitas mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2016 yang ditunjukan dengan nilai siginifikansi yaitu sebesar 0,558 lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 (0,558 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara mobile game online (X) terhadap tingkat reigiusitas (Y).
Collections
- Islamic Education [862]