Show simple item record

dc.contributor.advisorSuparwoko
dc.contributor.authorLu'luil Ma'nun
dc.date.accessioned2021-04-30T04:24:07Z
dc.date.available2021-04-30T04:24:07Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28460
dc.description.abstractTujuan penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk merancang Support/Base Building dan Ruang Sharing Facilities pada Boarding School Yayasan Cahaya Aceh yang fleksibel terhadap semua Stakeholder (Siswa SMP- SMA, Siswa Putra-putri, Siswa dan Masyarakat Umum (Privat-Publik)). Mengacu pada presedent Chipakata Children’s Academy di Lukasa, Zambia dalam pembagian ruang secara vertikal, ruang siswa (privat) dilantai 2 dan ruang umum (Publik) dilantai 1. Whittle School & Studios (WSS) Shenzen, Cina dalam pembagian ruang School di area belakang/dalam dan Community diarea depan/luar. Modul House 8+1 "Ocho Quebradas" di Chile, Los Vilos sebagai konsep Base Building. Perancangan ini dianalisis berdasarkan 2 sumber data. Data primer diperoleh dengan metode Survey langsung ke lokasi di Seulemium Aceh Besar selama 15 hari untuk melakukan observasi lapangan menggunakan Hp untuk merekam percakapan wawancara dengan pemilik Yayasan (Azwir Nazar) dan Pewakaf Tanah (Bapak Suparno dan Ibu Endang) terkait aktivitas dan kebutuhan ruang (Privatpublik) Boarding School yang mengacu pada kurikulum Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah (KMI), Kamera untuk memotret kronologi suasana dan view site, Laser Meter untuk mengukur eksisiting site dan Anemo Meter untuk mengukur kebisingan, intensitas cahaya dan iklim site. Data sekunder luas lahan 66.664 m2, jumlah siswa 2160 dengan rasio perbandingan rasio siswa Putra 60% dan putri 40% dijadikan sebagai acuan awal dalam menetukan kebutuhan pengajar, luasan ruang dll sesuai ketentuan pemerintah (Diknas, Depag), Literatur Standar Bangunan (Data Arsitek, Time Saver). Dengan menganalisis kegaiatan dan kebutuhan ruang, tata ruang berdasarkan pendekatan Open Building yang mencakup Base Building dan Sharing Facilities dan bentuk bangunan, Rancangan ini mengasilkan desain 3 modul Base Building yang menyusun fungsi bangunan secara vertikal. Modul pertama dalah 16 modul bangunan siswa 4+4 (4 fungsi dalam 1 modul), yaitu : Lantai 1 : Ruang Ektrakurikuler, Lantai 2 : Ruang Kelas, Lantai 3 : Ruang Service dan Lantai 4 : Ruang Arama) dengan Furniture Versabilitas yang mudah dipindah-pindahkan dan dibentuk ulang. Modul kedua dalah 4 modul bangunan dimana lantai 2-3 sama seperti modul peratama, perbedaannya pada lantai 1, berfungsi menyatukan Siswa dan Masyarakat. Modul ketiga adalah 2 modul bangunan bersama yang bisa digunakan oleh siswa SMP-SMA dan Putra-putri. Keuntungan hasil desain ini membuat Rancangan Boarding School Yayasan Cahaya Aceh dapat dilakukan secara bertahap atau permodul menyesuaiakan ketersediaan dana dari Wakif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectOpen Buildingen_US
dc.subjectBoarding Schoolen_US
dc.subjectRuang Fleksibelen_US
dc.subjectSharing Facilitiesen_US
dc.titlePerancangan Sekolah Berasrama Yayasan Cahaya Aceh Dengan Pendekatan Open Buildingen_US
dc.Identifier.NIM13512216


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record