Efektivitas Terapi Mendengarkan Murottal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Untuk Meningkatkan Emosi Positif Pada Informal Caregiver Skizofrenia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas pelatihan mendengarkan murottal Al-Qurán surat Ar-Rahman dalam meningkatkan emosi positif pada informal caregiver skizofrenia. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok perlakuan pertama diberikan perlakuan berupa pelatihan mendengarkan murottal Al-Qurán surat Ar-Rahman dengan pemaknaan. Sementara, kelompok perlakuan kedua diberikan perlakuan berupa pelatihan mendengarkan murottal Al-Qurán surat Ar-Rahman tanpa pemaknaan. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan pratest-posttest comparation group design yakni membandingkan dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda. Pengukuran dilakukan sebelum pelatihan, setelah pelatihan, dan tindak lanjut setelah dua minggu pelatihan selesai diberikan. Emosi positif diukur menggunakan skala mDES (Modified Differential Emotions Scale). Modul pelatihan yang digunakan merupakan modul hasil modifikasi dari modul terapi murottal Al-Qurán dari Hidayati (2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara emosi positif sebelum dan setelah dilakukan pelatihan mendengarkan murottal Al-Qurán surat Ar-Rahman, baik pada kelompok perlakuan pertama (p = 0,042 < 0,05) maupun kelompok perlakuan kedua (p = 0,042 < 0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan murottal Al-Qurán surat Ar-Rahman efektif meningkatkan emosi positif pada informal caregiver skizofrenia.
Collections
- Master of Psychology [341]