• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Civil Engineering
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Civil Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penelitian Laboratorium Penggunaan Limbah Baja (Slag) sebagai Agregat Kasar Pada Campuran Split Mastic Asphalt 0/11 dengan Bahan Tambah Serat Selulosa

    Thumbnail
    View/Open
    01.0 cover.pdf (149.8Kb)
    02 preliminari.pdf (200.9Kb)
    03 daftar isi.pdf (312.6Kb)
    04 abstract.pdf (168.9Kb)
    05.1 bab 1.pdf (206.5Kb)
    05.2 bab 2.pdf (823.8Kb)
    05.3 bab 3.pdf (833.7Kb)
    05.4 bab 4.pdf (149.2Kb)
    05.5 bab 5.pdf (675.9Kb)
    05.6 bab 6.pdf (866.0Kb)
    05.7 bab 7.pdf (235.3Kb)
    06 daftar pustaka.pdf (160.3Kb)
    Date
    1997
    Author
    Setyawan, Marsudi Agus
    Setiawan, Maman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bagian lapis keras yang mendapat perhatian khusus adalah lapis permukaaan, karena lapisan ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan selama penggunaan jalan. Split Mastic Asphalt (SMA) adalah salah satu jenis lapis keras yang sedang dikembangkan di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Jalan Raya Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini memanfaatkan penggunaan agregat sintetis yaitu limbah baja (slag) untuk agregat kasar pada campuran Split Mastic Asphalt ditambah serat selulosa (SMA + S). Penelitian dilakukan terhadap nilai kerapatan (density), VITM, VFWA, kelelehan (flow), stabilitas dan Marshall Quotient. Bahan yang digunakan pada penelitian ini berupa agregat kasar (limbah baja) berasal dari PT. Krakatau Steel (Cilegon, Jawa Barat), agregat halus dan filler (abu batu) merupakan hasil hasil stonecrusher PT. Perwita Karya (Yogyakarta), aspal digunakan jenis AC 60-70 dan bahan tambah serat selulosa CF- 31500 dari PT. Saranaraya Reka Cipta (Jakarta). Variasi kadar aspal yang digunakan adalah 5,3 %, 5,6 %, 5,9 %, 6,2 % dan 6,5 % dengan kadar aspal optimum yang dicapai adalah 5,9 %, sedang prosentase bahan tambah serat selulosa sebesar 0,3 %. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa campuran Split Mastic Asphalt ditambah serat selulosa (SMA + S) menggunakan limbah baja untuk agregat kasarnya ternyata memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bina Marga. Dengan demikian limbah baja dapat dijadikan sebagai alternatif penggunaan agregat pada Campuran Split Mastic Asphalt ditambah serat selulosa (SMA + S) ini.
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/2844
    Collections
    • Civil Engineering [3463]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV