Media Pembelajaran Gim Hafalan Doa-Doa Harian Bagi Anak Taman Kanak-Kanak
Abstract
Pada saat ini, penggunaan metode dalam pembelajaran edukasi melalui media elektronik sudah sangat banyak. Sangat banyak jenis gim desktop yang tersedia di pasar digital, tetapi banyak yang kurang memanfaatkan pengguaan gim untuk media pembelajaran. Salah satu upaya dalam menambah jenis permainan yang bertujuan untuk media pembelajaran khususnya bagi siswa taman kanak-kanak adalah gim interaktif doa-doa harian dengan mengandung animasi, suara, dan permainan serta memberikan unsur pengalaman atau experience pada pemain.
Gim edukasi berbasis animasi ini dikembangkan dengan software Adobe Animate dengan memiliki fitur membaca doa-doa harian dengan menggunakan tombol pause dan tombol pause dapat digunakan sebagai pemberhenti sementara pada saat doa di putar dengan tujuan agar anak- anak dapat membacanya sedikit demi sedikit. Gim ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementand, Evaluate), karena metode ADDIE cocok untuk digunakan dalam pengembagan gim bersifat media interaktif. Lalu perancangannya dengan menggunakan Hierarchy Plus Input Proses Output (HIPO), pengembangan, dan melakukan pengujian dengan mengimplementasikan kepada guru TK dan siswa, akan tetapi pengimplementasian saat ini dilakukan di rumah masing-masing dikarenakan adanya pandemi saat ini.
Pengujian dilakukan terhadap tiga responden yang merupakan guru TK dan tiga responden yang merupakan anak TK dengan hasil implementasi dalam aspek penyampaian informasi dan interaktivitas memperoleh hasil yang baik dengan rata-rata hasil akhir pengujian untuk siswa 79% dan untuk guru 92%. Hasil ini menunjukkan bahwa gim edukasi dengan tipe permainan interaktif dengan berbasis animasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak taman kanak-kanak.
Collections
- Informatics Engineering [2148]