Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Darmadji
dc.contributor.authorHairul Amri
dc.date.accessioned2021-04-27T08:14:50Z
dc.date.available2021-04-27T08:14:50Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28376
dc.description.abstractPendidikan merupakan proses belajar mengajar yang diharapkan dapat menghasilkan perubahan tingkah laku peserta didik. Berbagai macam metode digunakan agar output yang diharapkan dapat tercapai salah satunya melalui reward and punishment. Penerapan reward and punisment juga dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran dalam mengontrol pembinaan peserta didik. Sekolah MBS sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Muhammadiyah meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an dan kualitas diri dengan berbagai metode. Sehingga, pada penelitian ini akan mencari tahu penggunaan metode reward and punishment dalam meningkatkan kualitas diri dalam menghafal Al-Qur'an khususnya santri putra kelas X MBS Muhiba Yogyakarta. Penerapan reward dan punishment merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang bisa mengontrol pembinaan prestasi peserta didik. Reward dan punishment menjadi penting karena menjadi salh satu factor yang mendukung keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hapalan Al-qur’an santri MBS yaitu dengan dengan mentukan metode yang relevan dengan kebutuhan santri putra kelas x MBS muhiba Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman dan efektivitas penerapan reward dan punishemnt untuk meningkatkan kualitas diri dalam menghapal Al-qur’an santri putra kelas x MBS muhiba Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data informan mengunakan metode triangulasi, dalam menganalisi data peneliti mengunakan teknik descriptive analitik jadi peneliti tidak mnegunakan rumus statistika, data diolah dengan cara didiskripsikan sehingga dapat menjelakan kenyatan dilapangan secara logis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan reward dan punishment terhadap santri kelas x di MBS muhiba Yogyakarta. dalam meningkatkan kualitas hapalan Al-Qur’an. Sudah sangat bagus dan sudah hampir mendekati kesempurnaan di buktikan dari hasil impelntasi dari metode reward dan punishment ini para santri punya pedoman memantau,dan mengendali ketertiban para santri, menciptankan ketertiban, menghargai santri yang aktif/berprestasi baik di bidang academic maupun non academic, menumbuhakn kesadran menjadi santri yang baik dan unggul, (memiliki kualitas diri), dapat membrikan semngatdan dorongan agar santri dapat meningkatkan kualitas diri dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectReward dan Punishmenten_US
dc.subjectkualitas diri menghapal Al-qur’anen_US
dc.titlePenerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Menghapal Al-Qur’an Santri Putra Kelas X Muhammadiyah Bording School (MBS) Muhiba Yogyakrtaen_US
dc.Identifier.NIM18913019


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record