Perencanaan Operasional Bus Kampus UII Di Wilayah Utara-Timur Kampus Terpadu UII
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah termasuk Provinsi besar dengan populasinya yang mencapai 3,8 juta penduduk pada tahun 2018 dengan paling banyak atau sepertiganya yang mencapai 1,2 juta jiwa merupakan penduduk Kabupaten Sleman (BPS DIY), sehingga memerlukan moda transportasi umum yang memadai. Dalam memenuhi kebutuhan Transportasi menuju/dari Kampus Terpadu UII terdapat Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Kaliurang-UGM-Condongcatur, namun kurang memiliki armada yang memadai sehingga membuat orang cenderung enggan menggunakannya. Termasuk pula mahasiswa kampus terpadu UII yang ada di Kampus Universitas Islam Indonesia Terpadu (UII). Mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan Perencanaan Operasional Bus Kampus UII di wilayah Utara-Timur Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia dengan area ke Utara dan ke Timur dengan radius 5 km.
Dalam penelitian ini ada dua jenis data, yaitu primer dan sekunder, dengan data primer adalah data yang didapat dengan melakukan survei kuesioner di Kampus Terpadu UII dan di wilayah penelitian. Kemudian data sekundernya merupakan jumlah mahasiswa yang didapat dari instansi terkait. Selanjutnya dilakukan analisis Matriks Asal Tujuan (MAT), analisis desire line, analisis rute, analisis peletakan tempat perhentian bus, dan analisis jumlah armada dengan menggunakan peraturan pemerintah yang ada.
Hasil penelitian Perencanaan Operasional Bus Kampus mahasiswa Kampus Terpadu UII di Wilayah Utara-Timur Kampus Terpadu UII didapatkan 2 rute, yaitu rute A sepanjang 4489 m dengan 3 titik TPB, dengan satu waktu sirkulasinya memakan waktu selama 12 menit yang membutuhkan 7 bus, lalu kemudian Rute B sepanjang 9487 m dengan 6 titik TPB, dengan satu sirkulasinya memakan waktu 25 menit yang membutuhkan 8 bus.
Collections
- Civil Engineering [4225]